Kamis, 29 September 2011

Puisi Dori Gusman

DORI GUSMAN, keturunan Aceh dan Jawa. Mahasiswa semester tiga Universitas Riau Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Jurusan Hubungan Internasional. Suka menulis dan membuat puisi.

PESAN SINGKAT DARI TELUK BAYUR

Tempat ini adalah wajahku..
Menyimpan sejuta rindu – rindu lalu..
Kisah jayanya kotaku..
Makmurnya pendudukku..
Kau tau siapa aku ?
Sejarah perdagangan kotamu !!
Dibangun para perampas harta..
Di jarahnya kaya kotamu..
Emmahaven dulu namaku..
Tanda agung buat si Ratu..
Kini.
Aku yang kau kenal dengan nama teluk bayur..
Teluk awal kemajuan kotamu…
Padangmu..
Padangku..
Teluk bayurku.
teluk bayurmu.
Lebur..
Kisahmu ceritaku..
Ceritaku kisahmu..
Itu pesan teluk bayur kepadaku
Kepadamu..

SEKOTAK COKELAT HOLLAND BUAT PADANGKU

Sekotak Cokelat Holland Buat Padangku…
Sebagai hadiah yang aku bawa dari tanah rantau di Negeri Orang..
Dari perjuanganmu di masa lampau…
Hasil kekayaanmu yang diambil dulu…
Ini hadiah yang aku bawa dari negeri penjajah..
Negeri yang mencuri se-abad lalu..
Mengambil paksa kekayaanmu..
Kesakitan itu kian ricuh…
Mengguratkan garis sulit langkah…
Tak lagi kuat membungkam gamang…
Kesakitan itu membuncah tak tertahan…
Aku bawa sekotak cokelat Holland ini dari jauh…
Cokelat lezat buatan negeri penjarah…
Aku  akan memberikannya kepada tambo setempat..
Biar dia rasa enaknya cokelat yang aku bawa dari Holland…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar